Feature

Google+ Badge

Thursday, December 6, 2012

Apa Sih Pentingnya Sarapan Pagi ?

Sarapan Pagi

Sering kita mengabaikan sarapan atau makan pagi, kadang-kadang karena kesibukan atau mengejar waktu sehingga makan pagi pun terabaikan. Mengapa demikian? Ada beberapa hal yang menyebabkan kita tidak sarapan pagi padahal kalau kita tahu betapa besar manfaat dari sarapan pagi kita pasti akan menyesal karena melewatkannya.

lalu apa itu makan pagi ???. Makan pagi atau sarapan merupakan makanan yang dimakan ketika pagi hari sebelum kita beraktifitas, makanan itu terdiri dari makanan pokok serta lauk pauk atau bisa juga makanan kudapan. Jumlah dari makanan yang dimakan ketika sarapan/makan pagi adalah sekitar kurang lebih 1/3 dari makanan sehari.

Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya karena saat tidur selama kurang lebih delapan jam tubuh kita tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh. Sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan. Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah.

Sedangkan pagi hari aktivitas fisik mulai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dapat melakukan kegiatan dengan baik. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi didapatkan dari makanan.
 
Dr Inge Paramadhi Ms,Sp , GK menjelaskan, sarapan sangat bermanfaat sebagai penambah sumber energi serta zat pembangun dan zat pengatur. Selain itu, sarapan juga berperan menjaga kesehatan tubuh dan mempererat hubungan keluarga.

Saat tidur malam, tubuh memakai cadangan makanan untuk melakukan aktivitas organ-organ penting. Karenanya, sarapan berperan mengisi kembali cadangan makanan yang telah terpakai selama kita tidur,jelas Inge.

lalu apa akibatnya jika melewatkan/tidak sarapan pagi ??

1. Melewatkan sarapan dapat menyebabkan pusing, malas, tidak dapat berpikir dengan baik, dan mengantuk sehingga kita tidak berkonsentrasi saat beraktivitas.    
2. Jika untuk anak sekolah akan menghambat pertumbuhan.
3. Badan akan terasa lemah, hal itu disebabkan kekurangan zat gizi yang diperlukan untuk tenaga.
4. Untuk orang dewasa, performance kerja akan menurun.
5. Tidak dapat melakukan aktifitas atau kegiatan atau pekerjaan di pagi hari dengan baik.
6. bisa memicu obesitas, Sebab, tidak sarapan bisa meningkatkan rasa lapar di waktu lainnya sehingga nafsu makan jadi tidak terkendali.
 


lalu apa manfaatnya jika kita sarapan pagi ?
1. Menghasilkan Energi Tubuh dan Membantu untuk mencukupi zat gizi
2. Bahan Bakar untuk OTAK jadi bisa fokus dan Membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran
3. Rahasia hidup sehat
4. Rahasia berat badan ideal
5. Kemampuan untuk mengambil keputusan yang lebih baik
6. Memberikan MOOD yang nyaman sepanjang hari
7. Dapat memelihara ketahanan tubuh, agar kita dapat beraktifitas atau belajar atau bekerja dengan baik.
8. Sarapan sehat mengurangi resiko penyakit
9. Sarapan sehat memperbaiki memori
10. Sarapan sehat membantu menjaga gula darah kita tetap normal sepanjang hari



lalu bagaimana sarapan pagi yang ideal ?? Sarapan pagi yang ideal itu ...........................