Feature

Google+ Badge

Tuesday, May 7, 2013

NFC di E-KTP



Courtesy by kintar yg photo dan hp barid :P

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication ,yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangan dari kartu Radio Frequency Identification (RFID).

Secara prinsip RFID memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Hanya saja bedanya dengan kartu ATM ,unbtuk melakukan suatu pembayaran kartu RFID tidak perlu digesek ke suatu alat , namun cukup di dekatkan ke suatu alat yang disebut reader. DI Indonesia sendiri kartu RFID sudah banyak digunakan seperti e-toll untuk pembayaran otomatis di gerbang tol.

Pada Ponsel yang sudah ditanamkan Chip NFC maka ponsel dapt bertindak sebagai alat pembayaran dan juga bisa bertindak sebagai reader. Untuk pertama kalinya teknologi NFC juga akan di integrasikan ke dalam kartu SIM yang memungkinkan operator ponsel untuk memasukan layanan NFC langsung ke kartu itu sendiri. hal ini akan memudahkan pertukaran data antar perangkat seperti memindahkan file gambar ,data ,dengan cara yang lebih sederhana dan nyaman.

Dan dalam penggunaan lain seperti informasi kartu kredit dapat dengan aman disimpan pada kartu SIM. selain itu hanya cukup mendekatkan perangkat mobile dengan mesin terminal pembayaran maka proses pembayaran dilakukan dengan cepat dan lebih sederhana.

Semua perangkat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi data dengan kecepatan tinggi (424 kbps). Koneksi NFC terjadi ketika ada sambungan antar perangkat yang kompatibel dengan Bluetooth dan WiFi. karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itulah maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dapat dijalankan melalui Fitur NFC :
  • Pembayaran kartu kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile
  • Pembayaran tiket elektronik untuk penggunaan transportasi
  • Dokumen elektronik pribadi 
  • Download data ,seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api
  • Pembayaran tiket penerbangan dan pemesanan hotel
  • Download musik dan foto dari ponsel dan pembaca multimedia 
  • Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah antara perangkat nirkabel.
pembayaran
NFC Sharing Photo or files by androidauthority
   Dengan teknologi NFC akan membuat hidup menjadi lebih mudah dan lebih nyaman bagi konsumen karena lebih mudah melakukan transaksi ,pertukaran konten digital dan penghubung antar perangkat elektronik.

Menggunakan NFC (Near Field Communication), Anda dapat memindahkan informasi antara ponsel Anda dan perangkat NFC lainnya, seperti ponsel, tag NFC atau perangkat pembayaran. Misalnya, Anda dapat berbagi alamat situs web, kontak, nomor ponsel, trek musik, video atau foto.

NFC tags adalah area pemrograman informasi kecil yang dapat ditanamkan pada poster, pada papan iklan atau iklan yang ada di sebelah produk pada toko ritel. Menyentuhkan sebuah tag dapat memberi Anda infomasi tambahan seperti peta, alamat situs web dan sinopsis film.

NFC dapat diaktifkan dengan membawa dua perangkat NFC bersama. Jarak pembacaan terjauh adalah satu sentimeter, yang dapat mencegah komunikasi tanpa izin.

Saat ini NFC dipandang sebagai salah satu area yang paling menarik di industri ini dari sudut pandang pendapatan, karena menurut data riset Jupiter diperkirakan akan ada 700 juta ponsel berkemampuan NFC yang terjual hingga tahun 2013. NOKIA Sebagai penggagas teknologi NFC, dan salah satu pendiri NFC Forum, Nokia percaya bahwa NFC terbuka akan memberikan pengaruh yang lebih besar dalam perilaku konsumen dan ekosistem NFC disbanding NFC secure. NFC terbuka berpotensi untuk mendorong berbagai peluang bisnis bagi pengembang, peritel, pengiklan, pembuat perangkat elektronik, dan lain-lain.

NFC dibagi menjadi 2 :
1. NFC TERBUKA
NFC terbuka mengacu pada interaksi antara dua perangkat berkemampuan NFC, atau penggunaan sebuah perangkat NFC untuk membaca sebuah tanda NGC (chip yang tertanam di poster, kartu, atau media cetak lainnya) untuk menerima konten atau melakukan sebuah hal.

2. NFC SECURE
NFC secure, di lain pihak, mengacu pada penggunaan perangkat mobile sebagai sebuah dompet atau kartu kredit virtual untuk melakukan pembayaran dengan cara mengibaskannya di atas sebuah pembaca NFC.

Sebuah argumen terbuka
Saya berikan sebuah contoh. Dengan teknologi NFC terbuka anda cukup menyentuhkan perangkat berkemampuan NFC ke sebuah tanda NFC untuk melakukan hal-hal seperti “check in” di lokasi tertentu, mengumpulkan poin di sebuah toko, atau mengakses situs web tanpa harus mengetikkan URLnya. Tanda NFC juga bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi di toko aplikasi onlin mana pun; misalnya, daripada harus mengunjungi sebuah toko online untuk mencari sebuah aplikasi, anda cukup menyentuh sebuah tanda dan langsung mengunduh aplikasi tersebut.

Tanda NFC, yang harganya sangat murah, menawarkan potensi yang luar biasa bagi pengiklan, peritel, dan pihak-pihak lain untuk menjangkau, memberikan  points , dan tetap berhubungan dengan para pelanggannya. Tanda-tanda ini bisa dipromosikan di lokasi mana pun, termasuk penjual ponsel, kedai kopi, atau bahkan di supermarket, dengan hasil yang cepat dan terukur. Dan bagian terbaiknya adalah untuk membaca tanda NFC tidak dibutuhkan infrastruktur yang besar, selain jumlah yang besar dari perangkat berkemampuan NFC yang ada di pasar, dan dukungan para pemasar akan kelebihan tanda NFC.

Selain membaca tanda, dengan NFC terbuka kita bisa dengan mudah menghubungkan ponsel NFC kita dengan yang lain, cukup dengan menyentuhkan kedua ponsel. Dengan cara ini kita bisa dengan mudah bertukar konten, seperti foto, atau bermain game, tanpa harus melalui langkah yang memakan waktu untuk melakukan pairing Bluetooth. Game mobile populer Angry Birds, misalnya, telah memiliki versi ekslusif NFC untuk Nokia C7. ‘Angry Birds Free with Magic’

Aman, apakah benar aman?
NFC secure, di lain pihak, akan dibatasi hanya ke sejumlah kecil penyedia, dan akan membutuhkan waktu sebelum perilaku konsumen berubah ke arah di mana mereka akan mampu dan merasa aman untuk menggunakan ponsel mereka untuk membeli tiket kereta api, atau hal lain yang lebih mahal. Di London, Nokia menawarkan NFC secure di berbagai perangkat bekerja sama dengan kartu Oyster (kartu prabayar antara lain untuk memakai kendaraan umum) untuk perjalanan dengan transportasi umum.

Tapi di luar kota-kota metropolitan, NFC secure akan membutuhkan waktu untuk menjadi bagian penting dari aktivitas sehari-hari. Dan ketika NFC secure akhirnya menjangkau pembayaran, kunci kamar hotel, kunci mobil, dan bahkan kartu identitas, kami percaya hanya akan ada sebagian kecil penyedia layanan yang terlibat di dalamnya.

Membuka jalan menuju masa depan
Nokia adalah pembuat perangkat mobile yang paling berpengalaman dalam NFC, dengan lima perangkat NFC yang sudah diluncurkan. Tapi di industri ini dibutuhkan berbagai kemitraan kunci dalam berbagai organisasi pembayaran, bank, operator selular, system integrator, komunitas pengembang, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki peran untuk menyukseskan NFC secara komersil.

Sebelum itu semua terjadi, NFC terbuka akan menguntungkan konsumen dalam skala yang jauh lebih besar dan orang perlu membiasakan diri dalam menggunakan perangkat mereka untuk interaksi NFC, sebelum NFC secure mencapai penetrasi tingkat tinggi.

Dengan semakin banyaknya ponsel NFC yang diluncurkan ke pasar di tahun 2011 dan 2012, NFC terbuka akan mengubah cara konsumen berinteraksi dengan yang lain dan membuka berbagai peluang bagi pengembang. Kami percaya pengembang akan menyambut peluang yang ditawarkan oleh NFC terbuka dalam mengembangkan aplikasi untuk berbagi informasi, membaca tanda, bergabung dengan jejaring social, dan lainnya. Dan peluang NFC terbuka ini akan tercapai jauh sebelum NFC secure direalisasikan.

Aplikasi NFC Android - NFC Reader

   Sumber :
1. okezone
2. didit96
3. sonymobile