Feature

Google+ Badge

Friday, December 21, 2012

awas cuci muka scrub bisa berbahaya untuk kulit !!!



 cuci muka merupakan rutinitas yang setiap hari kita lakukan untuk membersihkan muka agar tetap bersih , segar dan tidak kusam yang biasanya dilakukan dipagi dan sore atau malam.

Kotoran, debu, dan panas matahari akan membuat sel-sel kulit mati menempel di wajah, dan membuatnya jadi terlihat kusam, dan salah satunya cara membersihkannya dengan produk pembersih muka yang banyak dijual disupermarket/pasaran yang kita sebagai konsumen kebanyakan buta akan informasi tentang kandungan produk dan tata cara pemakaiannya.


kita biasanya banyak yang memilih produk yang mengandung "scrub" butiran kasar yang terasa kasar seperti kerikil kecil waktu kita mengusap muka yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Pembersih yang mengandung scrub memang membuat kulit terasa kesat, kencang, dan terkesan lebih bersih. Akan tetapi, karena fungsi scrub adalah mengangkat kulit mati, cara kerjanya bisa kita andaikan seperti amplas yang akan menghaluskan balok kayu kasar untuk menghasilkan permukaan balok kayu yang halus setelah lapisan kasarnya diamplas.

Nah, jika dilakukan pada kulit, kita butuh waktu beberapa saat sampai kulit mati kembali menumpuk dan harus ‘diamplas’ lagi dengan bantuan scrub. Jadi bayangkan apa yang terjadi dengan balok kayu yang sudah halus tadi apabila diamplas terus menerus? Tentunya akan menipis, bukan? Begitu juga yang terjadi dengan kulit kita. Jika kita scrub terus menerus secara berlebihan, kulit akan menipis dan malah menyebabkan iritasi.

Untuk penggunaan sehari-hari sebaiknya pilih pembersih muka yang lembut dan tidak mengandung butiran scrub. Untuk mengangkat sisa kulit mati di wajah, pembersih muka ber-scrub sebaiknya gunakan seminggu sekali saja.

lalu apa itu scrub ???
Scrub adalah salah satu item yang umumnya digunakan orang sebagai exfoliator. Meskipun pengelupasan kulit dianjurkan untuk dilakukan setidaknya sekali seminggu, dan scrub adalah salah satu produk dimana pengelupasan kulit bisa dilakukan, tapi ada lebih dari sekedar untuk menggosok untuk exfoliator.

Tapi kembali ke scrub, apakah Anda pikir Anda sudah menggosok dengan cara yang benar? Berikut adalah beberapa informasi dasar yang Anda ingin tahu tentang scrubbing. ada 5 hal yang harus diketahui tentang penggunaan scrub :

1. Gunakan scrub wajah sekali untuk dua kali seminggu. 
        Menggunakan terlalu sering tidak akan menambah manfaat apapun untuk kulit, itu hanya akan mengiritasi dan merusak tekstur kulit Anda. Scrubbing seminggu sekali akan cukup untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati membangun dan menjagakulit Anda halus dan bersinar.

2. Jangan menggunakan scrub wajah pada wajah ber-jerawat
    Kulit wajah kita jauh lebih tipis dan halus dalam tekstur dibandingkan dengan kulit lainnya dalam tubuh kita. Oleh karena itu, scrub bentuk ringan harus cukup dalam membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit kita. Oleh karena itu, Anda juga harus menghindari scrub wajah yang terasa kasar di kulit atau Anda akan berada dalam bahaya pada mengoyak kulit Anda.

3. Jangan menggosok scrub terlalu keras pada wajah. 

4. Scrub wajah yang baik tidak harus mahal. 
    Scrub dapat terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung banyak manfaat untuk kulit Anda, misalnya, bubur oatmeal.

5. Hindari daerah mata saat scrubbing. 
    Daerah mata Anda bahkan jauh lebih sensitif dan lebih tipis dari wajah Anda.  


Kesimpulan :
1. Gunakan Scrub 2 kali seminggu untuk kulit berminyak, dan 1 kali seminggu untuk kulit kering.
2. Gunakan pembersih foam untuk keperluan sehari-hari.
3. Senyum. :) :P


Sumber : yahoo