Feature

Google+ Badge

Friday, January 25, 2013

Tips membeli smartphone Android



Tips membeli smartphone Android
Android Phones

Android Phones

Posting kali ini saya akan share beberapa tips sebelum kita beralih dari symbian ke android, dari BB ke android, atau upgrade smartphone android yg terkini.

Pastikan bahwa tidak semua smartphone memiliki spesifikasi seperti yang anda inginkan, misalnya: Anda ingin membeli Android merk Sony mobile, dengan spesifikasi dual SIM Card, Resolusi HD, Kamera 10Mp, OS ICS 4.0, Water Ressist, port HDMI dsb.. Maka akan susah atau mungkin tidak ditemukan spesifikasi tersebut.

Pilih smartphone Android yang paling tidak mempunyai spesifikasi mendekati seperti yang anda inginkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih smartphone android.
1. Sesuai kegunaan, 
point ini adalah yang sangat penting. Kita pasti ingin dengan 1 handset bisa digunakan untuk apa saja, misal telepon, sms, read pdf, edit doc/xls, edit photo, navigasi, dsb. Dan untungnya Android sudah bisa melakukan itu semua, yang perlu diperhatikan adalah semakin kita ingin semua aplikasi/game running di handset kita, maka semakin tinggi pula spesifikasi prosessor dan RAM yang dibutuhkan.

2. Ukuran Layar, 
untuk point yang ini lebih ke kesukaan pengguna, banyak yang suka dengan layar dengan ukuran besar HD, tetapi ada juga yang menyukai ukuran sedang atau kecil. Berikut beberapa resolusi layar smartphone

    QVGA: quarter VGA (240×320 pixels)
    HVGA: half VGA (320×480 pixels)
    WVGA: wide VGA (480×800 pixels)
    FWVGA: full wide VGA (480×854 pixels)
    nHD: one-ninth high definition (360×640 pixels)
    qHD: one-quarter high definition (540×960 pixels)
    720p: 720p Resolution screens (720×1280 pixels)

Untuk penggemar game tentu saja layar yang enak sekarang 4,5 - 7 inchi lebih enak pas ngelihat layarnya n pas dimata jadi pas browsing, nge-game, lihat film gak kekecilan gak perlu pake zoom. dulu layar segitu kegedean soalnya orang bingung mau telpon kayak tampah tapi telpon kan bisa pake headset wireless biar lebih gaol gitu.

3. Prosesor, 
merupakan inti dari smartphone dalam melakukan proses computing. Untuk saat ini pilihlah handset dengan prosesor dua inti (dual-core) atau empat inti (quad-core), dengan kecepatan minimal 1Ghz. Karena dengan prosesor yang oke, kita akan terasa nyaman dalam menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan tentu saja support beberapa Game 3D.

4. Memory, 
ada 2 macam memory di smartphone, yaitu RAM dan Internal Memory. Seperti prosessor, RAM dengan kapasitas besar akan terasa nyaman saat menjalankan beberapa aplikasi, pilihlah RAM diatas 512Mb untuk mendukung kinerja Android. Sedangkan Internal Memory adalah memory untuk menyimpan OS Android dan aplikasi-aplikasi yang akan kita instal. Pilih internal memory diatas 1Gb, karena kebanyakan memory yang di informasikan di spesifikasi handset belum termasuk yang digunakan oleh OS Android. Misal spesifikasi: Internal Memory 512MB – pada kenyataannya memory yang tersedia untuk user hanya sekitar 200MB karena sekitar 300MB digunakan untuk sistem Android atau UI dari produsen handset.

5.Baterai, 
Sebagian besar smartphone memang boros di baterai, tetapi paling tidak kita bisa memilih handset dengan kapasitas baterai yang besar untuk meminimalkan borosnya penggunaan baterai di android. Pilihlah baterai dengan kapasitas diatas 1300mAh, dan akan saya bahas di posting selanjutnya untuk tips hemat baterai di android.

6. Versi OS, 
perkembangan OS Android selalu di imbangi oleh perkembangan hardware yang mendukungnya, pilihlah OS terbaru dimasanya, misal pertengahan 2012 ini paling tidak sudah menggunakan Android versi 4.0(ICS) atau 4.1(Jelly Bean)

7. Fitur Tambahan, 
disini akan menambah nilai dari handset yang akan kita pilih, misal layar di beberapa handset Sony mempunyai sistem Bravia Engine untuk mengatur kecerahan, atau tersediannya port HDMI untuk connect ke TV, atau camera dengan beberapa sensor tambahan, dsb

8. Baca Review,
sebelum membeli anda harus mengenali dahulu handset incaran anda, anda bisa lihat spesifikasi di www.gsmarena.com atau www.phonearena.com dan yang paling penting adalah baca review dari pengguna sebelumnya. Dengan membaca review tersebut anda akan mengetahu kekurangan atau kelebihan handset incaran tsb. Beberapa web review sangat banyak silahkan ke gsmarena, forum kaskus, engadget dll.

9. Aplikasi, 
di android banyak aplikasi gratisan yang menunjang kegiatan sehari-hari.

10. Persiapan Budget, 
Ini merupakan hal terpenting dari point-point diatas. Jika budget kita mepet maka harus menerima kenyataan untuk membeli handset dengan spesifikasi yang biasa saja, sedangkan kalau budget anda lebih, maka anda bisa membeli 2 handset sekaligus dan bisa saya trial dulu sementara

Sumber : blog