Feature

Wednesday, December 19, 2012

“Aku Ingin” Sapardi Djoko Damono

 Aku Ingin.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana :
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikanya abu
Aku ingin mecintaimu dengan sederhana:
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada
Sapardi Djoko Damono, (1989)

saya seorang developer web tapi saya tertarik dengan puisi aku ingin, yang dirangkai dari huruf demi huruf menjadi rangkaian kata yang indah, ijinkan saya untuk mengartikan menurut pemahaman dari banyak ilmu yang sudah saya ketahui.

puisi ini mengingatkan saya film titanic

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana :
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikanya abu

cinta itu butuh perjuangan untuk saling menguatkan jika yang satu lemah,

cinta itu butuh perjuangan untuk menjadi tanah liat saat dia membatu(marah),

cinta itu butuh perjuangan untuk menjadi api saat dia membeku

cinta itu butuh perjuangan untuk menjadi air saat dia terbakar

cinta itu butuh perjuangan untuk menjadi ranting pohon yang bisa meneduhkan hidup ini,

cinta itu bukan hanya kata-kata, cintailah dia sebagaimana dia mencintaimu 
Aku ingin mecintaimu dengan sederhana:
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada


Walaupun cinta itu bukan kata-kata tapi kamu harus bisa memaknai artinya dari segala sudut pandangn yang berbeda
tapi cinta butuh kata-kata untuk menguraikannya seperti yang ada dalam puisi Anna Althadunnisa 

Sekalipun cinta telah kuuraikan & kujelaskan panjang lebar..
Namun jika cinta kudatangi aku jadi malu pada keteranganku sendiri..
Meskipun lidahku telah mampu menguraikan..
Namun tanpa lidah cinta ternyata lebih terang ..
Sementara pena begitu tergesa-gesa menuliskannya..
Kata-kata pecah berkeping-keping begitu sampai pada cinta..
Dalam menguraikan cinta akal terbaring tak berdaya..
Bagaikan keledai terbaring dalam lumpur..
Cinta sendirilah yg menguraikan cinta & percintaan
.

No comments:

Post a Comment

Jika ada kesalahan silahkan tulis dalam kotak komentar dan terimakasih.